Loading

I made this widget at MyFlashFetish.com.

English French German Spain Italian Dutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

     

Kamis, 26 April 2012

Pengertian Periklanan


Pengertian Periklanan
 
 By : siska
   

pengertian
}  Iklan adalah bagian dari bauran promosi (promotion mix) dan bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran (marketing mix). Secara sederhana, iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat.

}  Menurut Jefkins pengertian iklan adalah advertising aims to persuade people to buy. Dimana intinya adalah membujuk masyarakat konsumen untuk membeli suatu hasil produk atau jasa.
}  Fungsi iklan
}  Pada intinya fungsi iklan yang utama adalah mengenalkan produk dan tindakan terpenting adalah bagaimana bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.
}   Tapi menurut Bovee (1985) dalam Excellence Advertising, sebagai berikut
}  Mendiferensikan produk
}  Mengkomunikasikan informasi produk
}  Mendorong pemakaian produk
}  Mengembangkan distribusi
}  Meningkatkan preferensi dan loyalitas merek



Menurut Rhenald Kasali bahwa fungsi iklan adalah
}  Mengenalkan produk kepada konsumen baru atau mencari pengguna baru
}  Meneguhkan konsumen yang telah menggunakan untuk tetap menggunakan produk tersebut
}  Mengingatkan kembali konsumen lama sehingga mau menggunakan kembali produk tersebut.

}  Efek enam tahap

}  Dengan fungsi penting di atas periklanan merupakan investasi sangat menguntungkan. Bahkan sangat berpengaruh terhadap laba, dan ini ditentukan oleh sasaran antara seperti target penjualan atau pangsa pasar yang dikehendaki. Untuk mencapai tongkat keuntungan yang dikehendaki dan target penjualan atau pangsa pasar digunakan “efek enam tahap” oleh John R. Roositer dengan urutan :


}  6. Laba (perusahaan)

}  5. Penjualan/pgs. Pasar

}  4. Tindakan khalayak sasaran

}  3. Efek Komunikasi (merek)

}  2. Proses (iklan atau penawaran)

}  1. Penampilan (exposure pada media)

       Walaupun periklanan ini mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam mencapai tujuan suatu perusahaan tetapi masih ada kesan-kesan negatif yang dapat disebutkan seperti :
}  Iklan membuat orang membeli sesuatu yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.
}  Iklan mengakibatkan barang-barang menjadi lebih mahal.
}  Iklan yang baik membuat produk yang berkualitas rendah dapat terjual dan sebaliknya.
}  Iklan berarti juga pemborosan.


}  Pembagian Iklan
Iklan lini atas : iklan yang terdapat di media massa,ex: surat kabar, televisi, radio
Iklan lini bawah : iklan yang terdapat selain di media massa, seperti Baliho, pamflet, spanduk, drop box, kartu nama
}  Berdasarkan medianya :
       a.iklan media cetak : iklan baris, iklan kolom, iklan display
       b.iklan media elektronik : iklan radio, iklan televisi

}  Berdasarkan tujuannya :
       a.iklan layanan masyarakat
       b. Iklan komersial

}  Berdasarkan bidang isi pesan :
       iklan politik, iklan pendidikan, iklan kesehatan, iklan pariwisata

}  Pengaruh Iklan
}  Pengaruh ekonomi

}  Pengaruh psikologis : menentukan tingkat, minat dan keyakinan kita terhadap produk.
       Cth : masy lbh nyaman memakai merk terkenal spt mobil toyota, mie indomie, parfum ternama, merk baju ternama, sprei my love
       Cth : menumbuhkan sikap konsumerisme

}  Pengaruh sosial budaya
       Misal era 60-70 wanita cantik diidentikkan dengan tubuh kurus, kulit hitam, rambut berombak : ida royani
       Tahun 90an : tubuh ideal (lekuk tubuh), putih halus dan lembut
        
       Pengaruh iklan shampoo terhadap rambut.

       Media massa yang digunakan untuk periklanan yaitu :
}  Televisi
}  Radio
}  Surat Kabar, majalah,dll

}  Bagian dalam suatu biro iklan
}  Copywriters : perancang iklan dalam bentuk tulisan maupun gambar,
}  Artis
}  Account executive : penghubung perusahaan iklan dan klien.
}  Media buyers: org yg mengurusi media apa yg akan digunakan pemasangan iklan
}  Production buyer: mengawasi bagaimana iklan secara kreatif dapat diproduksi
}  Traffic coordinator : mengirim iklan ke media dari biro iklan.
}  Accounting
}  administration

# organisasi iklan
}    Di indonesia : PPPI (Persatuan perusaahaan periklanan indonesia)
}    Amerika : AAAA (American Association Adverticing Agencies)

}  PR dan periklanan dapat dibedakan dari berbagai hal ( dalam buku Marketing Public Relations), yaitu:
    Kelompok sasaran
    Tujuan komunikasi
    Pendekatan komunikasi
    media


SEKIAN







clik to download :



Post by (abenk)

0 komentar:

Posting Komentar