Loading

I made this widget at MyFlashFetish.com.

English French German Spain Italian Dutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

     

Selasa, 21 Februari 2012

Fungsi Tugas dan Karakteristik PR

Fungsi Tugas dan Karakteristik PR




Materi 2 PR
Fungsi Tugas dan Karakteristik

By: siska



KARAKTERISTIK PR :



Komunikasi yang dilancarkan bersifat dua arah

Kegiatan yang dilakukan terdiri atas penyebaran informasi, persuasi, pengkajian opini publik

Tujuan yang akan dicapai adalah tujuan organisasi dimana PR itu berada

Sasaran yang ingin hendak dituju adalah khalayak didalam dan diluar organisasi

Efek yang diharapkan adalah terbinanya hubungan yang harmonis antara organisasi dan khalayak

PUBLIK dalam PR

Pengertian Publik :

1.   Menurut Oemi Abdurrahman, publik merupakan     sekelompok orang yang menaruh perhatian pada   suatu hal yang sama, mempunyai minat dan    kepentingan yang sama

2.  Kustadi Suhandang menyatakan bahwa publik          adalah kelompok orang orang yang       berkepentingan pada suatu obyek dan berada disekitar badan atau perusahaan dimana organisasi hubungan masyarakat itu berada.

Publik yang menjadi tujuan dalam hubungan masyarakat adalah :

Publik Intern

Adalah publik yang menjadi bagian dari suatu perusahaan/organisasi itu sendiri

Internal public meliputi :

-   employee relations ex : promosi,demosi, pemberhentian

-   human relations            hubungan manusiawi

labour relations

stockholders relations

Publik Ekstern

Adalah masyarakat umum dimana institusi itu berada, yang harus dijaga hubungan baik dengannya, sehingga tumbuh goodwill dari mereka.



External public meliputi :

Press relations

Government relations

Supplier relations

Customer relations

Community relations

Fungsi Hubungan Masyarakat

Fungsi Utama: Menumbuhkembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi dengan publiknya baik intern maupun ekstern, dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan iklim yang baik.









Humas mempunyai fungsi timbal balik.



Keluar: dia harus mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran masyarakat yang positif terhadap segala tindakan dan kebijakan organisasi/lembaga.



kedalam : berusaha mengenali, mengidentifikasi hal hal yang dapat menimbulkan sikap dan gambaran yang negatif (kurang menguntungkan) dalam masyarakat.



Tujuan PR

Menurut Oemi Abdurrahman, tujuan public relations adalah:

Tujuan kedalam

“mencapai karyawan  yang  mempunyai kegairahan kerja adalah tujuan internal public relations”, kata Griswold.



Tujuan ini dapat tercapai jika pemimpin memperhatikan kepentingan karyawannya.



dibutuhkan sifat komunikasi “two way communications”

Berlaku pola komunikasi :

Vertikal

Downward communications

Upward communications



Mengapa terkadang pola komunikasi downward mendapat hambatan?



b.  Horizontal

Internal relations dapat dilakukan dengan media:

Tertulis

ex : bulletin, papan pengumuman, suggestion box

Lisan

ex: rapat, diskusi, ceramah

Konseling

konseling efektif bagi individu dan instansi.



Tujuan Keluar

Adalah untuk mengeratkan hubungan dengan orang diluar instansi sehingga terbentuk opini publik yang favourable terhadap badan tersebut

Hal ini merupakan suatu keharusan didalam usaha untuk :

memperluas langganan

memperkenalkan produksi

mencari modal dan hubungan

memecahkan persoalan yang dihadapi





Komunikasi yang dijalankan harus bersifat informatif dan persuasif.



Sikap publik terhadap suatu instansi, bisa dipengaruhi oleh pengalaman pengalaman yang dialami mereka dengan sikap seorang petugas yang melayani.



Griswold menyatakan, bahwa tiap pegawai suatu instansi adalah wakil dari instansi tersebut.

Cara untuk memperoleh dukungan, pengertian dan kepercayaan dari publik luar, dan menciptakan kesediaan kerjasama dari publik adalah :

-   menilai sikap dan opini publik terhadap sikap pimpinan terhadap pegawainya.

-   memberi saran pada pimpinan tentang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan perbaikan

-   memberikan penerangan yang obyektif agar     publik tetap informed tentang segala aktifitas           perusahaan, dengan cara : personal contact, press     release, press relations, press conference., press briefing



organisasi

Pengertian organisasi,

menurut James D Mooney , “organization is the form of human association for the attinment of a common purpose” (organisasi adalah bentuk dari tiap kumpulan manusia untuk memperoleh tujuan bersama.

menurut John D Millet dalam bukunya Management in the public service, menyatakan

organization is people working together”

Unsur unsur organisasi, menurut Oemi Abdurrahman:

a.  Adanya kerjasama untuk mencapai tujuan       bersama

Adanya persekutuan yang lebih dari 1 orang

c.  Adanya pembagian tugas pekerjaan dan tanggungjawab untuk mencapai tujuan bersama

d.  Adanya rangka strukturil untuk meletakkan     wewenang dan tanggungjawab.

Management

menurut George R Terry: “ management is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people”  (manajemen adalah mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan tenaga tenaga orang lain).



fungsi management : POAC



SEKIAN

0 komentar:

Posting Komentar