Loading

I made this widget at MyFlashFetish.com.

English French German Spain Italian Dutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

     

Jumat, 24 Februari 2012

Fungsi Tugas dan Karakteristik

 
Materi 2 PR
Fungsi Tugas dan Karakteristik

  By: siska

KARAKTERISTIK PR :
     Komunikasi yang dilancarkan bersifat dua arah
     Kegiatan yang dilakukan terdiri atas penyebaran informasi, persuasi, pengkajian opini publik
     Tujuan yang akan dicapai adalah tujuan organisasi dimana PR itu berada
     Sasaran yang ingin hendak dituju adalah khalayak didalam dan diluar organisasi
     Efek yang diharapkan adalah terbinanya hubungan yang harmonis antara organisasi dan khalayak
PUBLIK dalam PR
            Pengertian Publik :
       1.   Menurut Oemi Abdurrahman, publik merupakan   sekelompok orang yang menaruh perhatian pada      suatu hal yang sama, mempunyai minat dan            kepentingan yang sama
       2.  Kustadi Suhandang menyatakan bahwa publik        adalah kelompok orang orang yang   berkepentingan pada suatu obyek dan berada     disekitar badan atau perusahaan dimana      organisasi hubungan masyarakat itu berada.
Publik yang menjadi tujuan dalam hubungan masyarakat adalah :
     Publik Intern
              Adalah publik yang menjadi bagian dari suatu perusahaan/organisasi itu sendiri
              Internal public meliputi :
              -         employee relations ex : promosi,demosi,       pemberhentian
              -         human relations                     hubungan manusiawi
              -         labour relations
              -         stockholders relations
     Publik Ekstern
              Adalah masyarakat umum dimana institusi itu berada, yang harus dijaga hubungan baik dengannya, sehingga tumbuh goodwill dari mereka.

            External public meliputi :
-          Press relations
-          Government relations
-          Supplier relations
-          Customer relations
-          Community relations
  Fungsi Hubungan Masyarakat
  Fungsi Utama: Menumbuhkembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi dengan publiknya baik intern maupun ekstern, dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan iklim yang baik.




  Humas mempunyai fungsi timbal balik.

    Keluar: dia harus mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran masyarakat yang positif terhadap segala tindakan dan kebijakan organisasi/lembaga.
   
    kedalam : berusaha mengenali, mengidentifikasi hal hal yang dapat menimbulkan sikap dan gambaran yang negatif (kurang menguntungkan) dalam masyarakat.

  Tujuan PR
  Menurut Oemi Abdurrahman, tujuan public relations adalah:
A.          Tujuan kedalam
              “mencapai karyawan  yang  mempunyai kegairahan kerja adalah tujuan internal public relations”, kata Griswold.

              Tujuan ini dapat tercapai jika pemimpin memperhatikan kepentingan karyawannya.

              dibutuhkan sifat komunikasi “two way communications”
  Berlaku pola komunikasi :
       a.  Vertikal
-          Downward communications
-          Upward communications

-          Mengapa terkadang pola komunikasi downward mendapat hambatan?

-          b.  Horizontal
  Internal relations dapat dilakukan dengan media:
-          Tertulis
       ex : bulletin, papan pengumuman, suggestion box
-          Lisan
       ex: rapat, diskusi, ceramah
-          Konseling
       konseling efektif bagi individu dan instansi.
      
     Tujuan Keluar
              Adalah untuk mengeratkan hubungan dengan orang diluar instansi sehingga terbentuk opini publik yang favourable terhadap badan tersebut
              Hal ini merupakan suatu keharusan didalam usaha untuk :
              -         memperluas langganan
              -         memperkenalkan produksi
              -         mencari modal dan hubungan
              -         memecahkan persoalan yang dihadapi
             

  Komunikasi yang dijalankan harus bersifat informatif dan persuasif.

  Sikap publik terhadap suatu instansi, bisa dipengaruhi oleh pengalaman pengalaman yang dialami mereka dengan sikap seorang petugas yang melayani.

  Griswold menyatakan, bahwa tiap pegawai suatu instansi adalah wakil dari instansi tersebut.
  Cara untuk memperoleh dukungan, pengertian dan kepercayaan dari publik luar, dan menciptakan kesediaan kerjasama dari publik adalah :
       -    menilai sikap dan opini publik terhadap sikap          pimpinan terhadap pegawainya.
       -    memberi saran pada pimpinan tentang segala          sesuatu yang ada hubungannya dengan perbaikan
       -    memberikan penerangan yang obyektif agar             publik tetap informed tentang segala aktifitas      perusahaan, dengan cara : personal contact, press   release, press relations, press conference., press briefing
      
  organisasi
  Pengertian organisasi,
            menurut James D Mooney , “organization is the form of human association for the attinment of a common purpose” (organisasi adalah bentuk dari tiap kumpulan manusia untuk memperoleh tujuan bersama.
            menurut John D Millet dalam bukunya Management in the public service, menyatakan
       “ organization is people working together”
  Unsur unsur organisasi, menurut Oemi Abdurrahman:
       a.  Adanya kerjasama untuk mencapai tujuan   bersama
       b.  Adanya persekutuan yang lebih dari 1 orang
       c.  Adanya pembagian tugas pekerjaan dan       tanggungjawab untuk mencapai tujuan bersama
       d.  Adanya rangka strukturil untuk meletakkan            wewenang dan tanggungjawab.
  Management
       menurut George R Terry: “ management is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people”  (manajemen adalah mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan tenaga tenaga orang lain).

       fungsi management : POAC

SEKIAN


0 komentar:

Posting Komentar