Loading

I made this widget at MyFlashFetish.com.

English French German Spain Italian Dutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

     

Senin, 20 Februari 2012

Fungsi Tugas dan Karakteristik PR


Materi 2 PR
Fungsi Tugas dan Karakteristik
By: siska
KARAKTERISTIK PR :
Komunikasi yang dilancarkan bersifat dua arah
Kegiatan yang dilakukan terdiri atas penyebaran informasi, persuasi, pengkajian opini publik
Tujuan yang akan dicapai adalah tujuan organisasi dimana PR itu berada
Sasaran yang ingin hendak dituju adalah khalayak didalam dan diluar organisasi
Efek yang diharapkan adalah terbinanya hubungan yang harmonis antara organisasi dan khalayak
PUBLIK dalam PR
Pengertian Publik :
1.   Menurut Oemi Abdurrahman, publik merupakan     sekelompok orang yang menaruh perhatian pada   suatu hal yang sama, mempunyai minat dan    kepentingan yang sama
2.  Kustadi Suhandang menyatakan bahwa publik          adalah kelompok orang orang yang       berkepentingan pada suatu obyek dan berada disekitar badan atau perusahaan dimana organisasi hubungan masyarakat itu berada.
Publik yang menjadi tujuan dalam hubungan masyarakat adalah :
Publik Intern
Adalah publik yang menjadi bagian dari suatu perusahaan/organisasi itu sendiri
Internal public meliputi :
-   employee relations ex : promosi,demosi, pemberhentian
-   human relations            hubungan manusiawi
labour relations
stockholders relations
Publik Ekstern
Adalah masyarakat umum dimana institusi itu berada, yang harus dijaga hubungan baik dengannya, sehingga tumbuh goodwill dari mereka.
External public meliputi :
Press relations
Government relations
Supplier relations
Customer relations
Community relations
Fungsi Hubungan Masyarakat
Fungsi Utama: Menumbuhkembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi dengan publiknya baik intern maupun ekstern, dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan iklim yang baik.
Humas mempunyai fungsi timbal balik.
Keluar: dia harus mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran masyarakat yang positif terhadap segala tindakan dan kebijakan organisasi/lembaga.
kedalam : berusaha mengenali, mengidentifikasi hal hal yang dapat menimbulkan sikap dan gambaran yang negatif (kurang menguntungkan) dalam masyarakat.
Tujuan PR
Menurut Oemi Abdurrahman, tujuan public relations adalah:
Tujuan kedalam
“mencapai karyawan  yang  mempunyai kegairahan kerja adalah tujuan internal public relations”, kata Griswold.
Tujuan ini dapat tercapai jika pemimpin memperhatikan kepentingan karyawannya.
dibutuhkan sifat komunikasi “two way communications”
Berlaku pola komunikasi :
Vertikal
Downward communications
Upward communications
Mengapa terkadang pola komunikasi downward mendapat hambatan?
b.  Horizontal
Internal relations dapat dilakukan dengan media:
Tertulis
ex : bulletin, papan pengumuman, suggestion box
Lisan
ex: rapat, diskusi, ceramah
Konseling
konseling efektif bagi individu dan instansi.
Tujuan Keluar
Adalah untuk mengeratkan hubungan dengan orang diluar instansi sehingga terbentuk opini publik yang favourable terhadap badan tersebut
Hal ini merupakan suatu keharusan didalam usaha untuk :
memperluas langganan
memperkenalkan produksi
mencari modal dan hubungan
memecahkan persoalan yang dihadapi
Komunikasi yang dijalankan harus bersifat informatif dan persuasif.
Sikap publik terhadap suatu instansi, bisa dipengaruhi oleh pengalaman pengalaman yang dialami mereka dengan sikap seorang petugas yang melayani.
Griswold menyatakan, bahwa tiap pegawai suatu instansi adalah wakil dari instansi tersebut.
Cara untuk memperoleh dukungan, pengertian dan kepercayaan dari publik luar, dan menciptakan kesediaan kerjasama dari publik adalah :
-   menilai sikap dan opini publik terhadap sikap pimpinan terhadap pegawainya.
-   memberi saran pada pimpinan tentang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan perbaikan
-   memberikan penerangan yang obyektif agar     publik tetap informed tentang segala aktifitas           perusahaan, dengan cara : personal contact, press     release, press relations, press conference., press briefing
organisasi
Pengertian organisasi,
menurut James D Mooney , “organization is the form of human association for the attinment of a common purpose” (organisasi adalah bentuk dari tiap kumpulan manusia untuk memperoleh tujuan bersama.
menurut John D Millet dalam bukunya Management in the public service, menyatakan
organization is people working together”
Unsur unsur organisasi, menurut Oemi Abdurrahman:
a.  Adanya kerjasama untuk mencapai tujuan       bersama
Adanya persekutuan yang lebih dari 1 orang
c.  Adanya pembagian tugas pekerjaan dan tanggungjawab untuk mencapai tujuan bersama
d.  Adanya rangka strukturil untuk meletakkan     wewenang dan tanggungjawab.
Management
menurut George R Terry: “ management is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people”  (manajemen adalah mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan tenaga tenaga orang lain).
fungsi management : POAC
SEKIAN

0 komentar:

Posting Komentar