Loading

I made this widget at MyFlashFetish.com.

English French German Spain Italian Dutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

     

Selasa, 21 Februari 2012

Teori komunikasi organisasi

Teori komunikasi organisasi
 

Komunikasi organisasi


Berlangsung dalam sebuah organisasi


Setiap anggota memiliki posisi/jabatan, tugas, pekerjaan dan letaknya dalam h
ierarki tertulis jelas

Setiap anggota tahu siapa atasan dan bawahannya


Setiap anggota dipilih berdasarkan kualifikasi pekerjaan yang ditentukan oleh ukuran objektif (pendidikan, kontrak, dll)

 

Fungsi komunikasi dalam organisa
si
 

Fungsi informatif


Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu.

 

Fungsi regulatif


Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.

 

Fungsi persuasif


Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah.

 

Fungsi integratif


Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik. Ada dua saluran komunikasi yang dapat mewujudkan hal tersebut, yaitu saluran komunikasi formal seperti penerbitan khusus dalam organisasi; juga saluran komunikasi informal seperti perbincangan antar pribadi selama masa istirahat kerja.

 

Gaya kepemimpinan


Tipe kekuasaan

 

BENTUK KOMUNIKASI

 

Teori Birokrasi dari Max Weber


Organisasi sebagai sebuah sistem dari suatu aktivitas tertentu yang bertujuan dan berkesinambungan


Inti konsep


Kekuasaan  kemampuan mempengaruhi orang lain


Wewenang


Legitimasi

 

Teori Sistem dari Chester Barnard


Organisasi hanya dapat berlangsung jika ada kerjasama antar manusia


Kerjasama adalah sarana dimana kemampuan individu dipadukanguna mencapai tujuan bersama atau tujuan yang lebih tinggi

 

Empat Sistem Likert


Sistem Exploitative-authoritative


Pimpinan menggunakan tangan besi, keputusan tidak menggunakann umpan balik dari bawahan


Sistem Benevolent-authoritative


Hampir mirip, tapi pimpinan masih memiliki kepekaan terhadap kebutuhan karyawan

 

Sistem Consultative


Pimpinan masih memegang kembali, tapi mereka juga mencari masukan ke bawahan


Sistem Participate Management


Memberi karyawan kesempatan penuh dalam proses pengambilan keputusan


Komunikasi bukan semata-mata sesuatu yang dilakukan para anggota organisasi, bukan pula alat untuk menyelesaikan suatu persioalan tapi komunikasi dipandang sebagai suatu proses pengorganisasian


Teori pengorganisasian


memandang organisasi sebagai suatu aktivitas, sebab organisasi adalah sesuatu yang akan dicapai oleh sekelompok orang melalui proses yang berkesinambungan


organisasi merupakan pandangan hidup bagi para anggotannya


Teori Kultur Organisasi –
Pacanowsky dan Trujillo

D
ikenal lima bentuk penampilan organisasi yaitu

Ritual,
à aktivitas yg sudah dianggap biasa dan rutin

Hasrat,
à bagaimana cara karyawan dapat mengubah pekerjaan rutin yang membosankan menjadi menarik

Sosialitas,
à penggunaan aturan dalam organisasi, tata susila dan sopan santun

Politik organisasi
à menciptakan dan memperkuat minat terhadap kekuasaan dan pengaruh

Enkulturasi
à proses mengajarkan budaya pada anggota organisasi
 

0 komentar:

Posting Komentar